Kalimat Simpleks Dan Kompleks Beserta Contohnya



1. Kalimat Simpleks  
Kalimat simpleks adalah kalimat yang hanya terdiri atas satu verba utama yang menggambarkan aksi, peristiwa, atau keadaan. Kalimat simpleks yang sesungguhnya sama dengan kalimat tunggal (hanya mengandung satu struktur: S-P-O-Ket-Pel). Unsur yang diletakan di dalam kurung belum tentu ada dalam kalimat. Pada contoh berikut ini yang dimaksud verba utama adalah membaca. Verba tinggal pada unsur subjek dianggap bukan verba utama. Kalimat tersebut mempunyai satu struktur, yaitu S-P-Ket tempat. Contoh kalimat simpeks:

1.       Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
2.       Tumbuh-tumbuhan tidak dapat menghasilkan makanan sendiri.
3.      Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.



2. Kalimat Kompleks 
Kalimat kompleks adalah ;kalimat yang terdiri atas lebih dari satu aksi,  peristiwa, atau keadaan sehingga mempunyai lebih dari satu verba utama dalam lebih dari satu struktur. Struktur yang satu dan struktur yang lain biasanya dihubungkan oleh konjungsi, tetapi sering pula hubungan itu hanya ditunjukkan oleh tanda koma atau titik koma, bahkan tidak ditunjukkan oleh tanda baca apa pun. Kalimat kompleks dibagi menjadi dua jenis, yaitu kelimat kompleks parataktik dan kalimat kompleks hipotaktik
Contoh kalimat: 
1.       Benda di dunia dapat dikelompokan atas persamaan dan perbedaanya.
2.       Semua benda didunia ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
3.      Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
4.      Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak,bernafas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
5.      Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
6.      Benda hidup dapat dikelompokan lagi menjadi binatang dan tumbuh- tumbuhan.
7.      Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.
8.      Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak.
9.      Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga.
1.   Selnjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata
1.    Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia,burung,anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupuk-kupu, dan laba-laba.


Komentar

  1. -----------------(-_-)-------------------
    TY for your Information
    Lumayan buat nambah wawasan gw.
    lu gak pnya fb apa, klo twitt gw gak ngarti :D
    bales ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh maaf nih baru bales. Ada kok fbnya sama kaya nama blog ini tapi jarang main. Terimakasih sudah mampir

      Hapus
  2. Balasan
    1. Wahhh maaf ya baru bales. Sama-sama sesel. Terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  3. soalnya pas banget sama soal2 di buku gue :D makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kita dama-sama korban kurikulum13 hehe. Sama-sama yaa. Terimakasih sudah mampir, maaf baru balas :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Sama-sama hagi, semoga bermanfaat yaa ilmunya. Semangat belajar!

      Hapus
  5. ealah begono bedanya kalimat simplek ama komplek. ane baru ngeh nih min. makasi banyak tulisannya. manteb banget neee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempet bales. Sama-sama yaa, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  6. Sama-sama nisfii :). Makasih juga yaa sudah mampir

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Disuruh ngerjain pr sama mantan :). Makasih ya utk materi nya , gara" aku ngerjain pr dia, kita jadi balikan lagi :).

    BalasHapus
  9. Terimakasih ini sangat membantu saya😊

    BalasHapus

Posting Komentar