Contoh Teks Negosiasi pembeli dan penjual



Dialog ini berlangsung disebuah komplek perumahan Bina Asri, Bandung. Dimana setiap harinya ada penjual sayur keliling yang selalu berjualan menjajakan dagangannya dalam sebuah gerobak yang berisi aneka macam sayur mayur, yang didorongnya mengelilingi komplek perumahan tersebut. Dan yang menjadi pembeli langganannya pun tidak bukan adalah warga komplek tersebut.
Dialog ini berlangsung pada minggu pertama setelah lebaran idul fitri.
Pembeli              : “pagi bu, sayurnya ada?”
Penjual               : “ada bu masih segar-segar juga (Sambil tersenyum)”
Pembeli              : “bener bu masih segar?”
Penjual               : “iya benar, ini baru saja dikirim tadi pagi.”
Pembeli              : “oh baiklah, kalau begitu bolehkah saya lihat-lihat dulu?”
Penjual               : “silahkan, dipilih-pilih saja dulu”
Pembeli              : “(melihat sayuran yang ada)”
Setelah pembeli melihat-lihat sayuran yang dijual ibu penjual sayur, pembeli itu pun menjatuhkan pilihannya untuk membeli jengkol.
Pembeli              : “wah ternyata jengkol yang ibu jual selain masih segar ternyata ukurannya juga besar-besar yah”
Penjual               : “iya bu, kan jengkolnya dikirim dari jawa jadi kualitasnya pun dijamin bagus bu”
Pembeli              : “Ngomong-ngomong harga perkilonya berapa bu?”
Penjual               : “Rp.35.000/kg sajalah buat ibu cantik ini.”
Pembeli              : “walah, mahal amat biasanya Rp. 15.000 saja.”
Penjual               : “aduh, inikan habis lebaran jadi jengkolnya banyak dicari orang. Jadi harganyapun naik.”
Pembeli              : “yah bu, kuranginlah harganya kan saya sudah langganan. (sambil merayu ibu penjual sayur)”
Penjual               : “yasudah buat ibu saya kurangin Rp. 5000 deh”
Pembeli              : “yah bu jangan segitu deh, bagaimana kalau jadi Rp.20.000/kg?”
Penjual               : “aduh segitu mah ga balik modal dong buat sayanya juga, lagian segitu udah paling murah kalau ditempat lain lebih mahal.”
Pembeli              : “ga ah masih kemahalan segitumah. Rp.25.000 sajalah?”
Penjual               : “Yasudhlah harga pasnya Rp.28.000 saja bagaimana?”
Pembeli              : “oke baiklah kalau begitu saya ambil 3 kilo, ini uangnya bu (sambil mengasihkan uangnya)”
Penjual               : “terimakasih bu”
Penjualpun memasukan 3 kilo jengkol kedalam plastik berwarna hitam
Penjual               : “Ini bu belanjaannya, terima kasih. Besok beli lagi ya”
Pembeli              : “iya sama-sama. Baik bu”
Akhirnya pembeli pun meninggalkan pedagan sajur yang senang karena dagangannya di beli. Sementara pembeli pun puas dengan belanjaan yang diperolehnya.

Komentar

  1. makasih atas sharenya
    mampir ke www.gosblon.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ka boleh buatkan teks negosiasi tentang percetakan dengan pelanggan?
    gak usah yang panjang ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh maaf nih baru saya baca. Maaf juga saya gabisa buatin hehe

      Hapus
  3. saya copas untuk tugas sekolah ya, terima kasih! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan yoga. Sama-sama yaa, semoga bermanfaat

      Hapus

Posting Komentar